Selasa, 03 November 2015

MAKALAH Tentang TUMBUH KEMBANG BAYI USIA 0-3 BULAN




KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karuniaNyalah sehingga penulisan makalah ini yang berjudul “TUMBUH KEMBANG BAYI USIA 0-3 BULAN” dapat terselesaikan dengan baik tepat pada waktunya. Apapun yang kami sajikan semoga selalu bermanfaat bagi para pembacanya.
Kami  juga mengucapkan terima kasih bagi orang-orang yang telah berjasa membatu  dalam pembuatan makalah ini.karna berkat merekalah dapat terciptanya makalah ini.maka kami terima kasih kepada :
1.      Dosen pemimbing mata kuliah ASNEO IBU IMELZA SARI S.Si.T yang telah memimbing kami dalam mata kuliah ini.
2.      Orang tua yang telah memberikan fasilitas kepada kami sehingga mempermudah dalam pembuatan makalah ini.
3.      Teman-teman yang turut membantu dalam penyempurnaan makalah ini.
Kami  menyadari bahwa laporan  ini masih memiliki banyak kekurangan baik isi maupun teknik penulisan. untuk itu kritik dan saran sangat diperlukan untuk perbaikan.







                                                                                                Padang,    11 November  2012


                                                                                                                         Penulis





 
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ....................................................................................................................
DAFTAR ISI ..............................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang.... ...............................................................................................................
B.     Rumusan Masalah..........................................................................................................
C.     Tujuan...............................................................................................................................
BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian Tumbuh Kembang ..........................................................................................
B.     Kemampuan yang Harus dicapai Bayi Usia 0-3 Bulan......................................................
C.     Stimulasi Perkembangan Yang Perlu Diberikan...............................................................
D.    Prinsip Pertumbuhan dan Perkembangan......................................................................
E.     Pola Pertumbuhan dan Perkembangan..........................................................................
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan.......................................................................................................................
B.     Saran.................................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Setiap orang tua selalu menginginkan agar anak mereka menjadi lebihcerdas, gembira dan pandai menyesuaikan emosi dan fisiknya. Sayangnya tak semua orang tahu bagaimana caranya memberikan pengetahuan sejak dini kepadaanak-anaknya. Kebanyakan orang tua memiliki mitos bahwa bayi hanya makan, tidur dan mengompol, tidak dapat melihat dengan baik, tidak dapat mendengar sama sekali dan pada dasarnya tidak tahu apa yang terjadi disekitarnya sebelum umur 3 bulan.       
Bayi memerlukan cinta ibu tanpa syarat dan memerlukan pengasuhan baik secara lahiriah maupun kejiwaan. Salah satu perwujudannya adalah ”kasihsayang” yang dapat dinyatakan dengan ciuman, sentuhan tangan, sikap ibu padasaat menyusui melalui pelukan hangat memberikan perasaan yang aman pada bayi.Tertuang pada pokok-pokok pikiran Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)tahun 1991 bahwa ibu merupakan penentu bagi pola asuhan bayi/anak termasuk dalam pemberian Air Susu Ibu (ASI). Bukan hanya Ibu, ayahpun perlu terlibatdan menjalin kelekatan dengan bayi sehingga mampu menumbuhkan cara pandang terhadap dirinya sendiri yang positif ( self esteem ), kompetensi, rasa percaya diri sebagai bekal hidupnya kelak.Bayi memiliki kebutuhan biologis untuk “belajar”. Metode pengajaran yangtepat bagi janin maupun bayi, yakni merangsangnya agar gemar membaca.
Hal ini merupakan suatu stimulasi. Stimulasi yang diberikan secara dini, terarah dan lama,maka semakin besar dan lama manfaatnya dalam hal kecerdasan, kemampuan berbahasa dan kecerdasan emosional.Bayi yang diberi stimulasi menunjukkan respon yang positif. Antusiasmedan dedikasi mereka menghasilkan pembentukan Assosiasi Edukasi StimulasiJanin (Infant Stimulation Education Association).
Bayi-bayi tersebut lebih sering tersenyum, lebih pandai menjangkau benda, bisa mengoceh lebih cepat, berat badan bertambah lebih cepat dan keingintahuannya lebih besar. Hal ini terjadi karena tahun pertama kehidupan merupakan “Masa/tahun-tahun keemasan dan dengan demikian sudah selayaknya dimanfaatkan secaramaksimal, ia memberikan peluang untuk optimalisasi tumbuh kembang serta memberi peluang untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi sebelumnya Tenaga kesehatan/orang tua pada tahun pertama kehidupan anak nyaseringkali hanya memfokuskan pada perkembangan motorik kasar saja,sedangkan kurang diberikan pada perkembangan motorik halus yang merupakan indikator kemampuan intelektual anak. Jika saja orang tuamemahami dan menggunakan stimulasi bayi, tujuan-tujuan untuk mendapatkan bayi cerdas tidak hanya mungkin, tetapi juga dapat diraih. oleh karena itu kita perlu mempelajari tentang tumbuh kembang.

B.     Rumusan Masalah
Dari latar belakang yang penulis  tulis diatas telah kita ketahui pembahasan yang akan dibicarakan dalam makalah ini ialah tentang tumbuh kembang bayi usia 0-3 bulan

C.    Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah :
1.      Agar kita dapat mengetahui apa itu tumbuh kembang?
2.      Untuk mengetahui kemampuan gerak kasar bayi usia 0-3 bulan
3.      Untuk mengetahui kemampuan gerak halus bayi usia 0-3 bulan
4.      Untuk mengetahui kemambuan berbicara dan berbahasa bayi usia 0-3 bulan
5.      Untuk mengetahui kemampuan sosialisasi bayi usia 0-3 bulan
6.      Yang paling utama sebagai acuan nilai dan penambah nilai bagi penulis.
7.       Dan juga sebagai acuan dalam belajar baik itu bagi penulis maupun bagi pembaca















BAB II
PEMBAHASAN
A.  Pengertian Tumbuh Kembang
Pertumbuhan adalah merupakan bertambah jumlah dan besarnya sel diseluruh bagian tubuh yang secara kuantitatif dapat diukur.
Perkembangan merupakan bertambah sempurnanya fungsi fungsi alat tubuh yang dapat dicapa melalui tumbuh kematangan dan belajar.
B.  Kemampuan yang Harus dicapai Bayi Usia 0-3 Bulan
1)      Kemampuan Gerak Kasar
pada waktu bayi telentang lengan dan tungakai bergerak dengan mudah. Pada waktu bayi telungkup dialas yang datar bayi dapat mengangkat kepalanya. Pada waktu bayi telungkup di alas yang datar dapat mengangkat kepalanya dan membentuk sudut. Danjuga dapat mengangkat kepalanya dengan tegak.

2)      Kemampuan Gerak Halus
pada waktu bayi telentang bayi dapat mengikuti gerakan kita dengan menggerakan kepalanya dari kanan ke kiri. Pada waktu telentang bayi dapat menggerakan kepalanya dari satu sisi kesisi yang lain.dan juga meberikan reaksi pada cahaya yang diberikan dan menggerakan kepalanya kerah cahaya.

3)   Kemampuan Berbicara atau Berbahasa
Bayi dapat mengeluarkan suara – suara lain (ngoceh) selain menangis. Bayi juga bisa tertawa keras walaupun tidak digelik ataupun diraba. Dan juga memberikan reaksi terhadap suara atau saat bayi tersebut diajak berbicara.


4)   Kemapuan Sosialisasi atau Kemandirian
Pada waktu telentang bayi dapat melihat dan menatap wajah ibunya. Pada waktu diajak berbicara dan tersenyum bayi juga memiliki respon yang sama seolah- olah mengerti dengan apa yang kita bicarakan.


C.  Stimulasi Perkembangan Yang Perlu Diberikan
·  Pengungkapan rasa cinta, kasih sayang dan rasa aman, dengan berbicara lembut, bersenandung, dan lain-lain.
·  Menirukan ocehan, gerakan, dan mimik anak. Anak sering diajak bicara dan mendengarkan berbagai suara, misalnya suara burung, radio, kerincingan, ayam, dan lain-lain.
·  Melatih anak membalikkan badan dari telentang ke telungkup.Ketika telentang, anak dibuat agar memperhatikan benda yang menarik (berwarna menyolok/berbunyi). Benda itu kemudian digerakkan ke sisi badannya. anak akan mengikuti benda itu sambil memiringkan badan. benda digerakkan terus agar anak berlatih membalikkan badanya.
·  Melatih anak mengangkat kepala dan memperhatikan benda bergerak. Gerakkanlah benda yang menarik di hadapan anak, ketika ia telungkup. Angkatlah benda itu keatas, sehinga anak dilatih mengangkat kepalanya ketika memperhatikan benda itu.
·  Melatih anak menggenggam benda. Sentuhlah pensil atau benda yang serupa pada punggung atau ujung jari tangan anak. Anak akan berlatih menggenggam benda itu.

D.  Prinsip Pertumbuhan dan Perkembangan
  1. Pertumbuhan berlaku dalam dua arah : dari atas ke bawah dan dari tengah ke tepi
  2. Pertumbuhan struktur badan mendahului kemahiran fungsinya.
  3. Perkembangan motor kasar  berlaku terlebih dahulu  daripada motor halus.
  4. Corak pertumbuhan dan perkembangan adalah sama tetapi kadarnya adalah berbeza pada setiap individu.
  5. Pertumbuhan berlaku hingga  satu tahap, tetapi perkembangan berlaku secara berterusan hingga akhir hayat.
  6. Pertumbuhan dan perkembangan saling berinteraksi.  Pertumbuhan jasmani yang kurang sihat boleh menjejaskan perkembangan rohani, emosi dan sosial.
  7. Ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan boleh ditentukan mengikut peringkat-peringkat tertentu.
  8. Perkembangan mental bermula daripada konkrit kepada  abstrak
  9. Perkembangan daripada egosentrik kepada menerima pandangan orang lain                                                             

E.  Pola Perkembangan
1. Pola perkembangan fisik yang terarah
Terdiri dari dua prinsip yaitu cephalcaudal dan proximal distal
  • Cephalcaudal
Merupakan pola pertumbuhan dan perkembangan yang dimulai dari kepala yang ditandai dengan perubahan ukuran kepaa yang lebih besar, kemudian berkembang kemampuan untuk menggerakan lebih cepat dengan menggelengkan kepala dan dilanjutkan ke bagian ekstremitas bawah lengan tangan dan kaki.
  • Proximal distal
Merupakan pola pertumbuhan dan perkembanan ynag dimulai dengan mengerakan anggota gerak yang paling dekat dengan pusat/sumbu tengah, seperti menggerakan bahu dahulu baru kemudian jari-jari.
2. Pola perkembangan dari umum ke khusus
Yaitu pola pola pertumbuhan dan perkembangan yang dimulai dengan menggerakan daerah yang lebih umum (sederhana) dahulu baru kemudian daera ang lebih kompleks. Misalnya malembaikan tangan kemudianmemainkan jari.
3. Pola perkembangan dipengaruhi oleh kematangan dan latian belajar
Polaini mencerminkan cirri khusus dalam setiap tahapan perkembangan yang dapat digunakan untuk mendeteksi dini perkembangan selanjutnya. Pada masa ini dibagi menjadi lima tahap yaitu
  1. Masa Pra lahir, terjadi pertumbuhan yang sangat cepat pada alat dan jarinan tubuh:
  2. Masa Neonatus, terjadi proses penyesuaian dengan kehidupan di luar rahim dan hampir sedikit aspek pertumbuhan fisik dalam perubahan.
  3. Masa bayi, terjadi perkembangan sesuai dengan lingkungan yang memepengaruhinya dan mempunyai banyak kemampuan untuk melindungi dan meghindari dari hal yang mngancam dirirnya
  4. Masa anak, terjadi perkembangan yang cepat dalam aspek sifat, sikap, minat dan cara penyesuaian dengan lingkungan.
  5. Masa remaja, terjadi perubahan kearah dewasa sehingga kematangan pada tanda-tanda pubertas.
4. Pola perkembangan dipengaruhi oleh kematangan dan latihan/belajar
Terdapat saat ang siap untuk menerima sesuatu dari luar untuk mencpaai proses kematangan dan kematangan yang dicapainyadapat disempurnakan melalui rangsangan yang tepat. Masa ini merupakan amasa kritis yang ahrus dirangsang agar mencapai perkembangan selanjutnya melalui prose belajar .




















BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Dari apa yang telah di uraikan di atas, bisa di tarik suatu kesimpulan bahwa yang di maksud dengan Pertumbuhan adalah merupakan bertambah jumlah dan besarnya sel diseluruh bagian tubuh yang secara kuantitatif dapat diukur.
Perkembangan merupakan bertambah sempurnanya fungsi fungsi alat tubuh yang dapat dicapa melalui tumbuh kematangan dan belajar.
Kemampuan yang Harus dicapai Bayi Usia 0-3 Bulan
1)      Kemampuan Gerak Kasar
2)      Kemampuan Gerak Halus
3)   Kemampuan Berbicara atau Berbahasa
4)   Kemapuan Sosialisasi atau Kemandirian

B.     KRITIK DAN SARAN
Semoga pada makalah ini dapat diambil pelajarannya dan bisa diterima dan di baca oleh pembaca dan penilai. Penulis menyarankan agar dapat membaca makalah ini dikarenakan penulis membuatnya bertujuan untuk menambah pengetahuan kita.
Penulis sadar akan kekurangan akan penulisan makalah ini maka dari itu tim penulis mengaharapkan kritikan dan saran untuk membuat makalah ini menjadi lebih sempurna dan bermanfaat.










DAFTAR PUSTAKA

·         Alimul, hidayat aziz. 2008. Ilmu Kesehatan Anak Untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta : Salemba Medika
·         http://nzamy15.blogspot.com/2010/12/prinsip-pertumbuhan-dan-perkembangan.html


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar