KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat
dan karuniaNyalah sehingga penulisan makalah ini yang berjudul “TUMBUH KEMBANG BAYI USIA 0-3 BULAN” dapat
terselesaikan dengan baik tepat pada waktunya. Apapun
yang kami sajikan semoga selalu bermanfaat bagi para pembacanya.
Kami juga mengucapkan terima kasih bagi orang-orang
yang telah berjasa membatu dalam
pembuatan makalah ini.karna berkat merekalah dapat terciptanya makalah ini.maka
kami terima kasih kepada :
1.
Dosen pemimbing mata kuliah ASNEO IBU IMELZA SARI S.Si.T yang telah memimbing kami dalam mata kuliah ini.
2.
Orang tua yang telah memberikan fasilitas kepada kami
sehingga mempermudah dalam pembuatan makalah ini.
3.
Teman-teman yang turut membantu dalam penyempurnaan
makalah ini.
Kami menyadari bahwa laporan ini masih memiliki banyak kekurangan
baik isi maupun teknik penulisan. untuk itu kritik dan
saran sangat diperlukan untuk perbaikan.
Padang, 11 November 2012
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ....................................................................................................................
DAFTAR ISI ..............................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang.... ...............................................................................................................
B.
Rumusan Masalah..........................................................................................................
C.
Tujuan...............................................................................................................................
BAB II PEMBAHASAN
A.
Pengertian Tumbuh Kembang
..........................................................................................
B.
Kemampuan yang Harus dicapai Bayi Usia 0-3
Bulan......................................................
C.
Stimulasi Perkembangan
Yang Perlu Diberikan...............................................................
D.
Prinsip
Pertumbuhan dan
Perkembangan......................................................................
E.
Pola Pertumbuhan
dan
Perkembangan..........................................................................
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan.......................................................................................................................
B.
Saran.................................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Setiap orang tua selalu menginginkan agar anak
mereka menjadi lebihcerdas,
gembira dan pandai menyesuaikan emosi dan fisiknya. Sayangnya tak semua orang
tahu bagaimana caranya memberikan pengetahuan sejak dini kepadaanak-anaknya.
Kebanyakan orang tua memiliki mitos bahwa bayi hanya makan, tidur dan
mengompol, tidak dapat melihat dengan baik, tidak dapat mendengar sama
sekali dan pada dasarnya tidak tahu apa yang terjadi disekitarnya sebelum umur
3 bulan.
Bayi memerlukan cinta ibu tanpa syarat dan
memerlukan pengasuhan baik secara lahiriah
maupun kejiwaan. Salah satu perwujudannya adalah ”kasihsayang” yang dapat
dinyatakan dengan ciuman, sentuhan tangan, sikap ibu padasaat menyusui
melalui pelukan hangat memberikan perasaan yang aman pada bayi.Tertuang
pada pokok-pokok pikiran Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)tahun 1991 bahwa ibu
merupakan penentu bagi pola asuhan bayi/anak termasuk dalam pemberian Air
Susu Ibu (ASI). Bukan hanya Ibu, ayahpun perlu terlibatdan menjalin kelekatan
dengan bayi sehingga mampu menumbuhkan cara pandang terhadap dirinya
sendiri yang positif ( self esteem ), kompetensi, rasa percaya diri
sebagai bekal hidupnya kelak.Bayi memiliki kebutuhan biologis untuk “belajar”.
Metode pengajaran yangtepat bagi janin maupun bayi, yakni merangsangnya agar
gemar membaca.
Hal ini merupakan suatu stimulasi. Stimulasi yang
diberikan secara dini, terarah dan lama,maka semakin besar dan lama manfaatnya
dalam hal kecerdasan, kemampuan berbahasa dan kecerdasan emosional.Bayi
yang diberi stimulasi menunjukkan respon yang positif. Antusiasmedan dedikasi
mereka menghasilkan pembentukan Assosiasi Edukasi StimulasiJanin (Infant
Stimulation Education Association).
Bayi-bayi tersebut lebih sering tersenyum, lebih pandai
menjangkau benda, bisa mengoceh lebih cepat, berat badan bertambah lebih
cepat dan keingintahuannya lebih besar. Hal ini terjadi karena tahun pertama
kehidupan merupakan “Masa/tahun-tahun keemasan dan dengan demikian sudah
selayaknya dimanfaatkan secaramaksimal, ia memberikan peluang untuk optimalisasi
tumbuh kembang serta memberi
peluang untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi
sebelumnya Tenaga
kesehatan/orang tua pada tahun pertama kehidupan anak nyaseringkali hanya
memfokuskan pada perkembangan motorik kasar saja,sedangkan kurang diberikan pada perkembangan motorik halus yang merupakan indikator kemampuan
intelektual anak. Jika saja orang tuamemahami dan menggunakan stimulasi bayi,
tujuan-tujuan untuk mendapatkan bayi cerdas tidak hanya mungkin, tetapi
juga dapat diraih. oleh karena itu kita perlu mempelajari tentang tumbuh
kembang.
B. Rumusan Masalah
Dari latar belakang yang penulis tulis diatas telah kita ketahui pembahasan
yang akan dibicarakan dalam makalah ini ialah tentang tumbuh kembang bayi usia 0-3 bulan
C.
Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini
adalah :
1.
Agar kita dapat mengetahui
apa itu tumbuh kembang?
2.
Untuk mengetahui kemampuan gerak kasar bayi usia 0-3 bulan
3.
Untuk mengetahui
kemampuan gerak halus bayi usia 0-3 bulan
4.
Untuk mengetahui
kemambuan berbicara dan berbahasa bayi usia 0-3 bulan
5.
Untuk mengetahui
kemampuan sosialisasi bayi usia 0-3 bulan
6.
Yang paling utama sebagai
acuan nilai dan penambah nilai bagi penulis.
7.
Dan juga sebagai acuan dalam belajar baik itu
bagi penulis maupun bagi pembaca
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Tumbuh Kembang
Pertumbuhan
adalah merupakan bertambah jumlah dan besarnya sel diseluruh
bagian tubuh yang secara kuantitatif dapat diukur.
Perkembangan merupakan bertambah sempurnanya fungsi
fungsi alat tubuh yang dapat dicapa melalui tumbuh kematangan dan belajar.
B.
Kemampuan yang Harus
dicapai Bayi Usia 0-3 Bulan
1)
Kemampuan Gerak Kasar
pada waktu bayi telentang lengan dan
tungakai bergerak dengan mudah. Pada waktu bayi telungkup dialas yang datar
bayi dapat mengangkat kepalanya. Pada waktu bayi telungkup di alas yang datar
dapat mengangkat kepalanya dan membentuk sudut. Danjuga dapat mengangkat
kepalanya dengan tegak.
2)
Kemampuan Gerak Halus
pada waktu bayi telentang bayi dapat
mengikuti gerakan kita dengan menggerakan kepalanya dari kanan ke kiri. Pada
waktu telentang bayi dapat menggerakan kepalanya dari satu sisi kesisi yang
lain.dan juga meberikan reaksi pada cahaya yang diberikan dan menggerakan
kepalanya kerah cahaya.
3)
Kemampuan Berbicara atau Berbahasa
Bayi dapat mengeluarkan suara –
suara lain (ngoceh) selain menangis. Bayi juga bisa tertawa keras walaupun
tidak digelik ataupun diraba. Dan juga memberikan reaksi terhadap suara atau
saat bayi tersebut diajak berbicara.
4)
Kemapuan Sosialisasi atau Kemandirian
Pada waktu telentang
bayi dapat melihat dan menatap wajah ibunya. Pada waktu diajak berbicara dan tersenyum
bayi juga memiliki respon yang sama seolah- olah mengerti dengan apa yang kita
bicarakan.
C.
Stimulasi
Perkembangan Yang Perlu Diberikan
· Pengungkapan
rasa cinta, kasih sayang dan rasa aman,
dengan berbicara lembut, bersenandung, dan lain-lain.
· Menirukan
ocehan, gerakan, dan mimik anak. Anak sering
diajak bicara dan mendengarkan berbagai suara, misalnya suara burung, radio,
kerincingan, ayam, dan lain-lain.
· Melatih
anak membalikkan badan dari telentang ke telungkup.Ketika
telentang, anak dibuat agar memperhatikan benda yang menarik (berwarna
menyolok/berbunyi). Benda itu kemudian digerakkan ke sisi badannya. anak akan
mengikuti benda itu sambil memiringkan badan. benda digerakkan terus agar anak
berlatih membalikkan badanya.
· Melatih
anak mengangkat kepala dan memperhatikan benda bergerak. Gerakkanlah
benda yang menarik di hadapan anak, ketika ia telungkup. Angkatlah benda itu
keatas, sehinga anak dilatih mengangkat kepalanya ketika memperhatikan benda
itu.
· Melatih
anak menggenggam benda. Sentuhlah pensil atau
benda yang serupa pada punggung atau ujung jari tangan anak. Anak akan berlatih
menggenggam benda itu.
D.
Prinsip Pertumbuhan dan
Perkembangan
- Pertumbuhan berlaku dalam dua arah : dari atas ke bawah dan dari tengah ke tepi
- Pertumbuhan struktur badan mendahului kemahiran fungsinya.
- Perkembangan motor kasar berlaku terlebih dahulu daripada motor halus.
- Corak pertumbuhan dan perkembangan adalah sama tetapi kadarnya adalah berbeza pada setiap individu.
- Pertumbuhan berlaku hingga satu tahap, tetapi perkembangan berlaku secara berterusan hingga akhir hayat.
- Pertumbuhan dan perkembangan saling berinteraksi. Pertumbuhan jasmani yang kurang sihat boleh menjejaskan perkembangan rohani, emosi dan sosial.
- Ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan boleh ditentukan mengikut peringkat-peringkat tertentu.
- Perkembangan mental bermula daripada konkrit kepada abstrak
- Perkembangan daripada egosentrik kepada menerima pandangan orang lain
E.
Pola Perkembangan
1. Pola perkembangan fisik yang
terarah
Terdiri dari dua prinsip yaitu
cephalcaudal dan proximal distal
- Cephalcaudal
Merupakan pola
pertumbuhan dan perkembangan yang dimulai dari kepala yang ditandai dengan
perubahan ukuran kepaa yang lebih besar, kemudian berkembang kemampuan untuk
menggerakan lebih cepat dengan menggelengkan kepala dan dilanjutkan ke bagian
ekstremitas bawah lengan tangan dan kaki.
- Proximal distal
Merupakan pola
pertumbuhan dan perkembanan ynag dimulai dengan mengerakan anggota gerak yang
paling dekat dengan pusat/sumbu tengah, seperti menggerakan bahu dahulu baru
kemudian jari-jari.
2. Pola perkembangan dari umum ke
khusus
Yaitu pola pola
pertumbuhan dan perkembangan yang dimulai dengan menggerakan daerah yang lebih
umum (sederhana) dahulu baru kemudian daera ang lebih kompleks. Misalnya
malembaikan tangan kemudianmemainkan jari.
3. Pola perkembangan dipengaruhi
oleh kematangan dan latian belajar
Polaini
mencerminkan cirri khusus dalam setiap tahapan perkembangan yang dapat
digunakan untuk mendeteksi dini perkembangan selanjutnya. Pada masa ini dibagi
menjadi lima tahap yaitu
- Masa Pra lahir, terjadi pertumbuhan yang sangat cepat pada alat dan jarinan tubuh:
- Masa Neonatus, terjadi proses penyesuaian dengan kehidupan di luar rahim dan hampir sedikit aspek pertumbuhan fisik dalam perubahan.
- Masa bayi, terjadi perkembangan sesuai dengan lingkungan yang memepengaruhinya dan mempunyai banyak kemampuan untuk melindungi dan meghindari dari hal yang mngancam dirirnya
- Masa anak, terjadi perkembangan yang cepat dalam aspek sifat, sikap, minat dan cara penyesuaian dengan lingkungan.
- Masa remaja, terjadi perubahan kearah dewasa sehingga kematangan pada tanda-tanda pubertas.
4. Pola perkembangan dipengaruhi
oleh kematangan dan latihan/belajar
Terdapat saat
ang siap untuk menerima sesuatu dari luar untuk mencpaai proses kematangan dan
kematangan yang dicapainyadapat disempurnakan melalui rangsangan yang tepat.
Masa ini merupakan amasa kritis yang ahrus dirangsang agar mencapai
perkembangan selanjutnya melalui prose belajar .
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Dari
apa yang telah di uraikan di atas, bisa di tarik suatu kesimpulan bahwa yang di
maksud dengan Pertumbuhan adalah merupakan bertambah jumlah dan besarnya sel diseluruh
bagian tubuh yang secara kuantitatif dapat diukur.
Perkembangan merupakan bertambah sempurnanya fungsi
fungsi alat tubuh yang dapat dicapa melalui tumbuh kematangan dan belajar.
Kemampuan yang Harus dicapai Bayi Usia 0-3 Bulan
1)
Kemampuan Gerak Kasar
2)
Kemampuan Gerak Halus
3)
Kemampuan Berbicara atau Berbahasa
4)
Kemapuan Sosialisasi atau Kemandirian
B.
KRITIK
DAN SARAN
Semoga pada makalah ini dapat diambil
pelajarannya dan bisa diterima dan di baca oleh pembaca dan penilai. Penulis
menyarankan agar dapat membaca makalah ini dikarenakan penulis membuatnya
bertujuan untuk menambah pengetahuan kita.
Penulis sadar akan kekurangan akan penulisan makalah ini
maka dari itu tim penulis mengaharapkan kritikan dan saran untuk membuat
makalah ini menjadi lebih sempurna dan bermanfaat.
DAFTAR
PUSTAKA
·
Alimul, hidayat aziz.
2008. Ilmu Kesehatan Anak Untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta : Salemba Medika
·
http://nzamy15.blogspot.com/2010/12/prinsip-pertumbuhan-dan-perkembangan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar